PENDAMPINGAN MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM WISATA DESA TIGARAS MELALUI DIGITAL MARKETING
Abstract
Tujuan diselenggarakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk Pendampingan Meningkatkan Penjualan UMKM Wisata Desa Tigaras Melalui Digital Marketing. Perubahan perilaku penjualan dari konvensional ke digital membuat pelaku UMKM menggunakan digital marketing. Media penjualan digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. pemanfaatan digital marketing yang dilakukan untuk menyampaikan Informasi produk dan layanan yang transparan, kemudahan Update informasi produk. Pelaku UMKM yang sebelumnya belum begitu akrab dengan penjualan melalui digital marketing yang membuat produk yang menarik. Membuat video produk yang menarik, membuat kemasan yang sebenarnya agar konsumen tidak kecewa, mencantumkan testimoni dan menerapkan sistim COD dan membangun komunikasi yang ramah dengan konsumen. Penjualan Digital Marketing dapat menungkatkan penjulan UMKM Wisata Desa Tigaras yang akan meningkatkan perekonomian UMKM Desa Tigaras serta pendapatan masyarakat Desa Tigaras
References
[2] Abdul Khalil Et Al., 2012 Bamboo Fibre Reinforced Biocomposites: A Review,” Materials & Design
[3] Dermawan Perangi-angin dkk (2023) Pendampingan Pemasaran UMKM Toko Arumi Shop Cabang Pematangsiantar Di Era 5.0 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei
[4] Kurniawati, T., Sa’ida, N., Wahono, W., & Hermoyo, P. (2019). Peningkatan Produktivitas Pengusaha Tempe. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181187
[5] Lincolin Arsyad, 2015. Ekonomi Pembangunan Yogyakarta: UPP STIM YKPN
[6] Mileva, Lubiana, dan Achmad Fauzi DH. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis
[7] Medriyansah, 2017. Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi, jurnal ekonomi
[8] Sudati Nur Sarfiah, Hanung Eka Atmaja, Dian Marlina Verawati, 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa”, Universitas Tidar Magelang, Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), Vol. 4 No. 2 (2019).
[9] Syifa Maulana Muhaimin, 2022. Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness@ Iflix. Id Jurnal Ekonomi dan Bisnis