PELATIHAN PENYUSUNAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG KURIKULUM MERDEKA DI SMP LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA

  • Suhartono Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herfa Maulina DS Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Meilantifa Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Endrayana Putut LE Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Amalia Chamidah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ni Kadek Puspawati Saniscari MM Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Aji Restu Septian Arwanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Pelatihan, E-LKPD, Project Based Learning, Kurikulum Merdeka, SMP Labschool Unesa 1 Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi sangat bermanfaat terhadap dunia pendidikan khususnya pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan teknologi dalam pengajaran di kelas. Teknologi dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menyusun asesmen dalam pembelajaran. Asesmen dapat disusun guru dapat berupa E-LKPD. Penggunaan E-LKPD dapat memotivasi siswa untuk belajar. Karena bentuknya yang menarik dan dapat dirancang interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan penyusunan E-LKPD dapat dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada guru agar dapat menyusun E-LKPD. Karena dalam kegiatan ini guru dapat menyusun E-LKPD secara langsung dengan pendampingan oleh pemateri/tutor. Tujuan dari pelatihan ini adalah peserta dalam hal ini guru dapat menyusun E-LKPD yang dapat diterapkan pembelajaran di kelas. Metode pelatihan dirancang berupa kegiatan pemaparan materi, diskusi tanya jawab, dan penugasan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peserta dapat menyusun E-LKPD dengan baik. Penggunaan E-LKPD dapat memotivasi siswa untuk belajar

References

[1] Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan
[2] Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah
[3] Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal
[4] DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48.
[5] Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/5574
[6] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Juni 2). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikan dan kebudayaan Tahun 2020-2024.
[7] Rahmawati. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. Ida Yeni Rahmawati,
[8] 5(1), 27–39. http://journa l. umpo.ac. id /inde x.p hp /a l-asasiyya/inde x
[9] S. Ida Kholida, S. 2020. Ketercapaian Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata KuliahStrategi Pembelajaran Melalui Model Pjbl Dengan Berbantuan Aplikasi Zoom Dan D Whatsapp Messenger. Masa Pandemic Covid-19. In Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq 2020. Vol. 2. Pp.280–86
Published
2024-07-12
How to Cite
Suhartono, S., DS, H., Meilantifa, M., LE, E., Chamidah, A., MM, N., & Arwanto, A. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG KURIKULUM MERDEKA DI SMP LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 735-740. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3429
Section
Articles