PELAKU USAHA UMKM NAIK KELAS DENGAN PEMASARAN DI MARKETPLACE
Abstract
Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam melakukan kegiatan usahanya perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Perkembangan dunia digital merupakan hal penting untuk diikuti, karena UMKM harus dapat membaca peluang pasar dengan memanfaatkan teknologi. Pemasaran dan penjualan pada UMKM yang selama masa pandemi terbukti mengalami kesulitan untuk berkembang, dapat meningkatkan penjualan dengan adanya transformasi digital sehingga menjadi salah satu cara yang diharapkan dapat membantu UMKM untuk tidak hanya bertahan namun terus berkembang. Saat ini masih ada pelaku UMKM yang belum melek teknologi, padahal banyak manfaat yang diperoleh pelaku UMKM jika sudah familiar menggunakan teknologi termasuk memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produk mereka.
References
[2] https://acommerce.co.id/ecommerce-landscape-indonesia/
[3] https://medium.com/tenggok/kenapa-marketplace-menjadi-penting-8dc19cd63c5d
[4] https://outletz.id/5-alasan-penting-anda-perlu-mencoba-jualan-di-marketplace/
[5] https://www.alona.co.id/bisnis/perhatikan-ini-sebelum-memulai-jualan-di-marketplace/
[6] Setyorini, Retno dan Rey, R. Oktavianry (2017) Analisis Model Bisnis Pada Eighteen Nineteen Laundry Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis. Volume I, Number 1, 2017. E-ISSN : 2580 – 8095
[7] Undang-Undang Usaha Mokro, Kecil dan Menengah. Pustaka Mahardika, Yogyakarta, 2013, hlm. 3.
[8] Warren, Reeve dan Duchac, Accounting, 25th Edition, South Western Cengage Learning, 2014
[9] Weygandt, Kimmel dan Kieso, Financial Accounting IFRS Edition 2nd, Wiley Plus, 2017