PENYULUHAN DIGITAL MARKETING USAHA RANDANG JAMUR TIRAM UP3HP TOGAK BASAMO DI LINGKUNGAN PAYOLINYAM KEL. TIGO KOTO DI BARUAH KEC. PAYAKUMBUH UTARA KOTA PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT
Abstract
produk sudah menjadi hal wajib bagi setiap pengusaha. Diperlukan penerapkan digital marketing untuk para wirausaha terutama bagi UP3HP TOGAK BASAMO agar bisa menciptakan produk yang lebih berkualitas sesuai keinginan dan permintaan konsumen tetapi tidak melupakan ciri khas produk UP3HP TOGAK BASAMO. Mengingat pentingnya digital marketing terhadap wirausaha maka perlu upaya pendampingan untuk bisa bertahan dan bersaing dengan IKM makanan lain dalam memasarkan produknya. Dalam mencari alternatif pemecahan masalah ini, maka diadakan penyuluhandigital marketing dan pelatihan tentang promosi secara digital dengan pembuatan Konten Niaga untuk promosi wirausaha secara online dengan menggunakan media social. Tujuannya untuk melatih angota kelompok UKM agar bisa mempromosikan produknya secara online kepada konsumen. Kemudian agar brand (merek) produk IKM bisa dikenal dan agar konsumenya tetap loyal membeli produk tersebut. Karena itulah diharapkan anggota IKM yang mengikuti program pengabdian tidak merasa terbebani. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah: 1) Penyampaian materi : berupa penyampaian materi tentang digital marketing dan cara pembuatan konten untuk promosi dengan menggunakan aplikasi handphone, terdiri dari memakai bahasa persuasif, maksudnya adalah suatu tulisan di dalam konten tersebut bertujuan untuk memengaruhi pembaca supaya mau melakukan hal seperti yang dimuat di dalam konten, adalah membeli produk yang ditawarkan di dalam konten, yaitu bentuk informasi atau penjelasan yang disampaikan kepada peserta penyuluhan tentang pembuatan Konten promosi online dengan menggunakan media sosial, 2) Praktek langsung pembuatan Konten untuk UP3HP Togak Basamo yaitu konten Randang Jamur Tiram. 3) Media penyuluhan : terdiri dari laptop, handphone, gambar atau slide, yaitu produk Randang Jamur Tiram , 4) Postest: berupa pertanyaan yang diberikan setelah kegiatan penyuluhan selesai. Ini dimaksudkan agar mitra benar-benar merasakan manfaat dari kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dan dapat merasakan bahwa kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bersifat insidentil saja, kapanpun mereka perlu bantuan pengetahuan, maka pengusul akan menanggapinya
References
[2] Irianti, N. P., Susanti, R. D. A., Triswidrananta, O. D., & Wijaya, E. M. S. (2021). Peningkatan omset penjualan kelompok pengrajin keset melalui online marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(1), 52-60. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i1.4819
[3] Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
[4] Malangkab. (2021). Desa Gedangan. Malangkab. Retrieved from: http://gedangan.malangkab.go.id/ (Diakses pada 18 Januari 2021).
[5] Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. Journal Scientific and Applied Informatics, 2(2), 165-171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352
[6] Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan media sosial Instagram Haloa Cafe sebagai komunikasi pemasaran online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190
[7] Saudah, S., & Adi, D. S. (2018). Keseimbangan komunikasi dalam penguatan identitas komunitas kreatif telematika Kota Malang. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 143-154. https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1574
[8] Setiyaningsih, L. A., & Fahmi, M. H. (2020). Penguatan community development petani nanas Desa Palaan melalui digital marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 145- 151. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4361
[9] Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi pemasaran produk olahan hasil perikanan pada UMKM Cindy Group. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19-28. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28
[10] Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran: Promosi Iklan Media Sosial Kompetitif Market (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.