Edukasi Cerdas Financial pada Gereja Kristen Pasundan Paska Pandemi Covid 19
Abstract
Masalah mengenai keuangan menjadi isu penting bagi semua kalangan mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Maka dari itu, diperlukan adanya pemahaman yang kuat mengenai pengelolaan keuangan agar terhindar dari pinjaman illegal maupun isu keuangan lain yang sampai saat ini masih menjadi hal yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, dosen-dosen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha bersama dengan para mahasiswa akan memperkenalkan dan mengedukasi jemaat dewasa (Pria dan Perempuan) Sinode Gereja Kristen Pasundan (GKP) dengan tema “Cerdas Finansial”. Melalui edukasi ini diharapkan para jemaat GKP dapat lebih baik dalam mengelola keuangan. Pelatihan edukasi ini diadakan pada 28 Oktober 2023 dengan narasumber dosen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Marantha, serta para mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Kristen Maranatha. Pelatihan ini akan diselenggarakan secara online dengan peserta jemaat dewasa (Pria dan Perempuan) di Sinode Gereja Kristen Pasundan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa pemahaman terkait pengelolaan keuangan jemaat dewasa Sinode Gereja Kristen Pasundan mengalami peningkatan dari sebelum dan sesudah pelatihan
References
Akmal, H., & Saputra, Y. E. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 235-244.
Astuti, H. W., & Yuliyanto, W. (2021). Pengaruh Jumlah Simpanan dan Penyaluran Pinjaman pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) di Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6749-6760.
Fadilah, S. J., & Purwanto, E. (2022). Pengaruh Locus of Control, Perencanaan dean Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan UMKM. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1476-1488.
Finke, M. S., & Huston, S. J. (2014). Financial literacy and education. Investor behavior: The psychology of financial planning and investing, 63-82.
Firmansyah, A., Falembayu, A., Siburian, A. S., Ginting, B. P., Simatupang, C., Putra, K. K., & Ariawan, Y. (2021). Edukasi Literasi Keuangan Kepada Kelompok Ibu-Ibu Dan Remaja Terkait Dengan Jasa Pinjaman Online Di Era Pandemi Covid 19. Pengmasku, 1(1), 14-21.
Huston, S. J. (2012). Assessing financial literacy. In Student financial literacy: Campus-based program development (pp. 109-124). Boston, MA: Springer US.
Maivalinda, M., Sulistianingsih, H., & Riski, T. R. (2023). Mengukur Prilaku Pinjaman Online Melalui Literasi Keuangan Digital, Preferensi Risiko dan Faktor Demografi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 25(2), 561-572.
Sengupta dan Blessinger (2023) Role of Education and Pedagogical Approach in Service Learning. British Library.