PERUBAHAN PENGETAHUAN DALAM MENGIDENTIFIKASI KELELAHAN PADA PELAJAR SMA
Abstract
Kelelahan adalah kondisi yang ditandai dengan menurunnya kemampuan fisik tubuh dan mental sehingga terjadi kelemahan dalam melakukan aktifitas Survey awal menunjukkan SMA N 3 Kabupaten Sidoarjo teridentifikasi yang mengalami kelelahan sebesar 14,7%. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mentransfer pengetahuan tentang mekanisme lelah dan identifikasi gejala kelelahan. Metode kegiatan adalah melakukan survey awal tentang kelelahan, langkah kedua adalah mengadakan pre test. Langkah ketiga adalah promosi dalam bentuk presentasi materi dan diskusi secara online. Langkah terakhir mengadakan evaluasi dalam bentuk post test. Jumlah pelajar SMA N 3 Kabupaten sidoarjo sebanyak 25 pelajar yang terlibat dalam kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya perubahan pengetahuan tentang kelelahan tidur. Hasil pre test menunjukkan pengetahuan dari pertanyaan yang dismpaikan yang menjawab dengan benar antara rerata 9,8 meningkat setelah pemberian materi menjadi 12,72 dengan nilai minimal 0 dan maksimal 15. Kesimpulan promosi pengetahuan kelelahan berhasil meningkatkan pengetahuan pelajar SMA N 3 kabupaten Sidoarjo.
References
[2] Torrelo, H.T. Saenz, P.O. Gao, L. Barneo, J.L. “Lactate sensing mechanism in arterial chemoreceptor cells.” Nature Communications, 12 no. 4166. (2021).
[3] Li, X. Yang, Y. Zhang, B. Lin, X. Fu, X. An, Y. Zou, Y. Wang, JX. Wang, Z.Yu, T. “Lactate metabolism in human health and disease.” Signal Transduction and Targeted Therapy, 7 no. 305 (2022).
[4] Vassend, O. Roysamb, E. Nielsen, C.S. Czajkowski, N.O. 2018. “Fatigue sysmpton in relation to neuroticism, anxiety-depression, andmusculosketal pain.” A longitudinal twin study. Plos One, 13 no. 6 (2018).
[5] Nyer, M. Mischoulon, D. Alpert, J.E. Holt, D.J. Brill, C.D. Yeung, A. Pedrelli, P. Baer, L. Dording, C. Huz, I. Fisher, L. Fava, M. Farabaugh, A. “College students with depressive sysmptoms with and without fatigue: Differences in functioning, suicidality, anxiety, and depressive severity.” American Academy of Clinical Psychiatrists, 27 no. 2 (2015), 100-108.
[6] Kim, J.H. Meeker, T.J. Tulloch, I.K. Mullins, J. Park, J.H. Bae, S.H. “Pandemic Fatigue and Anxiety Sensitivity as Associated factors with Posttraumatic Stress Symptoms Among University Students in South Korea during the Prolonged Covid-19 Pandemic. “ International Journal of Public Health. 67 (2022)
[7] Liasi, G.A. Nejad, S.M. Sami, N. Khakpour, S. Yekta, B.G. “The prevalence of educational burnout, depression, anxiety, and stress among medical students of the Islamic Azad University in Tehran, Iran.” BMC Medical Education, 21 (2021)
[8] Oliveira, A.T. Toledo, A.O. Fontenele, T.M.O. Rela, M.O.V. 2022. “Relationship between stress and fatigue in university students with headache.” Physical Therapy in Movenment, 35. (2022)
[9] Doi, K.S. “Fatigue and pain related to internet usage among university students.” Journal of Physical Therapy Science. 28 no. 4 (2016), 1233-1237.
[10] Yang, C. Leitkam, S. Cole, J.N. “Effects of different fatigue locations on upper body kinematics and inter-joint coordination in a repetitive pointing task.” Plos One. (2019)