PENGUATAN KARAKTER MELALUI PUBLIC SPEAKING PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH CARIU
Abstract
Penguatan karakter melalui public speaking ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa di muka umum. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Cariu. Metode yang digunakan dalam penguatan karakter melalui public speaking adalah partisipasi aktif dari peserta, serta praktik. Hasil Penguatan karakter terdapat perubahan yang signifikan yaitu 88% siswa sudah bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya. Penguatan karakter inisiatif siswa mengalami peningkatan sebesar 89%. Setelah mendapat penguatan karakter dari tim PKM UHAMKA rasa percaya diri siswa meningkat sehingga terdapat peningkatan sebesar 92%. Pada prakti public speaking, terdapat peningkatan melalui rerata yaitu kelancaran menyampaikan pendapat/tanggapan 4,7, kejelasan vokal 4,7, ketepatan intonasi 4,8, ketepatan diksi 4,6, tuturan 4,5, kontak mata dengan pendengar 4,7, ekspresi 4,8. Peserta sudah mampu mempraktikan dan menerapkan teknik public speaking ketika mempresentasikan produk atau karya dihasilkan
References
[2] Nugrahani, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Metode Pelatihan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam. E-Dimas, 34-40.
[3] Purnamasari, D. (2018). Pengembangan Public Speaking bagi Pengurus OSIS di SMPN 30 Semarang. Abdimasku, 63-66.
[4] Puspita, R. (2017). Cara Praktis Belajar Pidato MC & Penyiar Radio. Yogyakarta: Komunika.
[5] Prawiro, M. Maxmanroe.com. Juli 16, 2020. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pendidikan-karakter.html#3_nilai_karakter_integritas (accessed Mei 5, 2022).
[6] Ulya, Vita Fitriatul. "Pembentukan Nilai Karakter Integritas melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Anak MI/ SD." Premiere: Journal of Islamic Elementary Education Vo. 3 No. 1, 2021: 43-56.