PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH YANG EFEKTIF
Abstract
Pentingnya pemahaman terhadap keefektifan sekolah tidak saja dalam kaitan nya dengan meningkatkan mutu pendidikan tetapi juga sejalan dengan kebijakan nasional yaitu desentralisasi pendidikan dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah. Dengan konsep ini, pemerintah tidak hanya berharap pada meningkatnya mutu pendidikan melainkan juga tercapainya pemerataan, relevansi, dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan. Pengalaman di berbagai negara menunjukkan bahwa studi keefektifan sekolah telah banyak membantu dalam memecahkan masalah pendidikan dalam kaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. Penulis merasa penting untuk membahas pengelolaan manajemen sekolah yang efektif karena belum banyak sekolah yang mampu mengelola sekolah dengan efektif sehingga masih banyak nya lembaga pendidikan yang belum berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan sekolah. Sekolah efektif merupakan sekolah yang dapat mencapai target yang telah ditetapkannya sendiri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dan berfokus pada penelitian pengelolaan manajemen sekolah yang efektif. Penulisan artikel ini diharapkan dapat memberikan sumbangan konsep pemikiran tentang cara-cara melakukan manajemen sekolah yang efektif sehingga sekolah mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang memuaskan segala pihak yang berkepentingan. Berdasarkan hasil observasi SMAN 03 Rejang Lebong yang telah berhasil dalam menerapkan manajemen sekolah yang efektif sehingga sekolah ini mampu menghasilkan mutu lulusan yang baik walaupun sekolah ini jauh dari pusat kota dan masih terdapat beberapa kendala dalam pengeloaan sekolah efektif namun sekolah ini mampu mengatasi kendala yang terjadi.
References
[2] Arsyam, Muhammad. 2020. “MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ( Bahan Ajar Mahasiswa ) Disusun Oleh KOTA MAKASSAR.” : 2.
[3] Huda, Mohammad Nurul. 2019. “Membentuk Sekolah Yang Efektif.” Ta’dibi : Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VII: 43–63.
[4] Jeklin, Andrew. 2016. “Pengelolaan Sekolah.” (July): 1–23.
[5] Kiding, Seprianus. 2021. “Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Baik.” (April): 0–19.
[6] Mesiono, M. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Yang Efektif Dan Efesien.” Repository.Uinsu.Ac.Id: 1–24. http://repository.uinsu.ac.id/3645/1/Bagian dari BUKU.pdf.
[7] Muhlifah, A., & Haqiqi, A. K. 2019. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah.” Quality, 7(2): 48–63.
[8] Nurdin. 2011. “Manajemen Sekolah Efektif Dan Unggul.” Jurnal Administrasi Pendidikan 13(1).
[9] Oktarina, Nina. 2009. “Profesionalisme Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan Untuk Mewujudkan Sekolah Efektif.” Dinamika Pendidikan 4(1): 129–40.
[10] Priambodo, Iwan. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Visioner Dalam Membangun Sekolah Efektif Dan Efisien.”
[11] Prihantoro, Rudy. 2012. Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: Remaja Rosdakrya.
[12] Putra, Rudyanto Andri Adi, Muhardi Muhardi, and Popie Sofiah. 2017. “Pengertian Pengelolaan.” Prosiding Manajemen (379): 251–58.
[13] Rianae, Teti Berliani, and Erenfried Dagau. 2020. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Swasta Efektif Di Kota Palangka Raya.” Equity In Education Journal 2(1): 46–53.
[14] Riduwan. 2003. “Mewujudkan Sekolah Yang Efektif.” (1991). http://repository.uinsu.ac.id/3645/1/Bagian dari BUKU.pdf.
[15] Sagala, S. 2008. Administrasi Pendidikan Komtemporer. . Bandung: Alfabeta.
[16] Setiawan, Awang. 2016. “Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 23(1): 130–40.
[17] Sulfemi, Wahyu Bagja, and Arsyad Arsyad. 2019. “Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif Dan Unggul.”
[18] Usman, Husaini. 2007. “Manajemen Sekolah Yang Efektif.” Jurnal Pendidikan Inovativ 3(11): 1–6.
[19] Wawan Hermawan, Iim Wasliman, E Mulyasa, and Adjat Sudrajat. 2015. “Manajemen Sekolah Efektif.” NER: Nusantara Education Review 1(April): 41.
[20] Zakiyah, Kiki. 2020. “Pengertian Fungsi Dan Bidang Garapan Manajemen Sekolah.”