PELATIHAN DAN SEMINAR E-MARKETING PADA PELAKU UMKM DESA PESAWAHAN, PORONG, KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Desa Pesawahan secara geografis mempunyai lokasi yang strategis dengan dikelilingi beberapa desa. Secara demografis penduduk desa Pesawahan yang berwiraswata sebanyak 235 orang dan yang berdagang sebanyak 98 orang. Potensi dari pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya belum optimal dikarenakan adanya beberapa permasalahan yang dihadapi. Hasil survey menemukan 3 permasalahan utama yaitu, minimnya pengetahuan tentang manajemen usaha kecil, minimnya pengetahuan tentang marketing dan minimnya pengetahuan tentang tehnologi. Berdasar permasalahan tersebut, maka program KKN STIE Gempol mengadakan penyuluhan dan pelatihan serta seminar untuk memberi solusi pada permasalahan tersebut. Pelaku UMKM sangat antusias mengikuti penyuluhan, pelatihan dan seminar. Dan pada penutupan program KKN peserta/pelaku UMKM sudah dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat.
References
[2] Yustika, Ahmad Erani, Perekonomian Indonesia Memahami Masalah Dan Menetapkan Arah, 2014, Malang : Penerbit Selaras.
[3] Sukirno,Sardono, Mikro Ekonomi Teori Pengantar, 2016, Jakarta : Rajawali Pers.
[4] http://id.scribd.com 10 & 11.SCM & E-COMMERCE
[5] https://majoo.id Market Place adalah : Mengenal Market Place dan Contohnya