PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA UKM PENGERAJIN BESI UD PANDE DJEGOG DI KELURAHAN PENATIH DENPASAR TIMUR

  • I Wayan Putu Sucana Aryana Universitas Ngurah Rai
  • I Made Adi Suwandana Universitas Ngurah Rai
  • Gede Sumarda Universitas Ngurah Rai
Keywords: Pemberdayaan Ukm, Inovasi Produk, Pemasaran Digital

Abstract

Mengawali tahun 2020, Indonesia diresahkan dengan adanya pandemi virus corona atau Covid-19 (Corona Virus Desease-19). Salah satu yang terkena dampaknya adalah sektor UKM. Di masa Pandemi sektor UKM mengalami penurunan omset penjualan yang sangat signifikan yang menyebabkan masyarakat khususnya pemilik UKM mengalami kesulitan finansial. Salah satu usaha yang terdampak pandemi virus Covid-19 ini adalah UKM Pengerajin Besi UD Pande Djegog di Kelurahan Penatih Denpasar Timur. UKM Pengerajin Besi UD Pande Djegog merupakan usaha yang bergerak di bidang industri alat- alat pengolahan pakan ternak dan alat- alat penunjang pertanian. Melihat kondisi tersebut, melalui Program Kemitraan Masyarakat Universitas Ngurah Rai hadir membawa solusi untuk membantu UKM yang terdampak pandemi Covid-19 ini. Solusinya yaitu dengan membuat program kerja UKM Melawan Pandemi, dimana proker ini memiliki tujuan yakni menciptakan ketersediaan penomoran untuk badan mesin guna melengkapi bahan pengajuan paten dan hki produk. Kemudian memasarkan hasil kerajinan pot tersebut melalui pemasaran digital dengan memanfaatkan internet dan platform media sosial. Selain itu dalam program kerja ini juga memberikan edukasi, simulasi, pendampingan dan evaluasi mengenai manfaat internet sebagai media pemasaran yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian UKM Pengerajin Besi UD Pande Djegog tersebut agar dapat bertahan ditengah pandemi Covid-19

References

[1] Abdullah, Maskur. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia.
[2] Anoraga, Panji. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025. Jakarta: Departemen Perdagangan
[4] Diyan Ivanov (2012) The impact of e-commerce on small-size companies in Swede : Karistad University : swedan
[5] A Industri, Tokopedia.com Catat Pertumbuhan Transaksi 200%. Diakses pada tangal 17 Desember 2017. http://industri.bisnis.com, E-COMMERCE:
[6] LPPM Universitas Ngurah Rai. 2021. Pedoman Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ngurah Rai”
Published
2022-01-20
How to Cite
Aryana, I., Suwandana, I., & Sumarda, G. (2022). PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA UKM PENGERAJIN BESI UD PANDE DJEGOG DI KELURAHAN PENATIH DENPASAR TIMUR. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 833-838. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1220
Section
Articles