PENINGKATAN PENGGUNAAN SOCIAL LEARNING NETWORK BAGI SISWA SISWI MTs NEGERI TARAKAN KALIMANTAN UTARA
Abstract
Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Network). Edmodo merupakan sebuah media pembelajaran secara daring yang menggabungkan beberapa fitur Learning Management System dan Social Network menjadi Social Learning Network yang khusus dibuat untuk keperluan pendidikan.Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif, guru maupun murid harus memiliki media pembelajaran yang inovatif dan menarik, hal inilah yang dialami oleh MTS Negeri Tarakan yang beralamat di kelurahan Mmamburungan namun siswa-siswi masih belum menggunakan media belajar berbasis social network tersebut. Hal tersebut melatarbelakangi tim pengabdian untuk memberikan pelatihan "Peningkatan Penggunaan Social Learning Network Bagi Siswa-Siswi MTS Negeri Tarakan.
References
[2] Boyd, D. M. & Ellison, N. B, 2008, Social network sites: definition, history, and scholarship, Journal of Computer-Mediated Communication, 13, 1, 210230.
[3] Edmodo, https://www.edmodo.com/about, di akses pada tanggal 12 Juli 2016, pukul: 15.00 WIB
[4] Huang, J. J. S., Yang, S. J. H., Huang,Y.-M., dan Hsiao, I. Y. T, 2010, SocialLeaming Networks: Build Mobile Leaming Networks Based on Collaborative Services, Educational Technology & Society, 13 (3), 78-92.
[5] Kumiawan, Rendra., 2009, Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Leaming Berbasis Web, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya-Indonesia.
[6] Wang, Qiyun., Woo, Huay Lit., Quek, Choon Lang., Yang, Yuqin and Liu, Mei., 2012, Using the Facebook group as a learning management system: An exploratory study, British Journal ofEducational Technology Vol 43 No 3.
[7] Warjanto, Setyo., Nurhayati., Azhar, Anugrah., 2014, Efektifitas Social Leaming Network Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Alat Optik, Prosiding Fisika UIN 2014, Jakarta