Workshop Penggunaan Microsoft Power Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi di MTs Al Falah Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun
Abstract
Guru di MTs Al Falah Kepel menyadari bahwa pemanfaatan media pembelajaran yang mampu menggantikan pertemuan tatap muka sangatlah penting untuk peserta didik dapat memahami materi secara maksimal dalam pembelajaran daring. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur microsoft power point dalam menyampaikan materi. Sehingga tidak hanya memberikan materi, tetapi guru bisa menyisipkan video, merekam suara dan membuat power point lebih hidup. Oleh sebab itu, dilakukan kegiatan workshop Penggunaan Microsoft Power Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Di Masa Pandemi. Kegiatan yang dilakukan berupa whorkshop yang dilakukan secara luring. Workshop dilakukan di MTs Al Falah selama dua hari dengan jumlah peserta 12 orang. Adapun tahapan kegiatan terdiri dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan workshop ini menunjukkan bahwa (1) seluruh peserta mampu mengoperasikan microsoft power point dengan menggunakan fitur animasi, penyisipan video dan perekaman suara , (2) respon peserta baik dan antusias selama kegiatan workshop berjalan.
References
Khaerunnisa, Febriana, Yyfr Sunarjan, and Hamdan Tri Atmaja. “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of History Education 6, no. 1 (2018): 29–39.
Kualitas, Pengaruh, and Pelayanan Dan. “Ikhtisar Jurnal Pengetahuan Islam” 1, no. 1 (2021): 25–38.
Muthoharoh, Miftakhul. “Media PowerPoint Dalam Pembelajaran.” Tasyri 2, no. 1 (2019): 21–32.
Saputra, hendra gunawan. “Pengaruh Penggunaan Media MS Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 3 (2018).
Srimaya. “Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa.” Jurnal Biotek Volume 5 nomor 1 Juni 2017 5, no. 1 (2017): 53–68.